bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

Selasa, 22 Februari 2011

Sitaks Program & Eksekusi


Sitaks  Program
Elemen-elemen dalam source code:
Public class: pernyataan ini adalah pembukaan kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Ingat Java berorientasi objek. Kata public berfingsi agar kelas tersebut dapat di akses oleh semua program lain.
Pernyataan public static void main (string[] args). Perintah ini merupakan pernyataan pembuka sebuah metode. Metode adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan tugas tertentu dalam kelas. Setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan diketahui saat petama kali saat program tersebut dieksekusi. public mempunyai fungsi yang sama dengan public yang ada didepan baris permulaan kelas.
Kata static pada pernyataan metode main. Metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu string[] args, dimana args hanyalah sebuah nama dari sebuah objek array dari string. Aria ini nantinya akan berisi parameter-parameter yang diberikan user sebagai argumen command line. Ingat bahwa bentuk metode main harus selalu demikian.
Setip pernyataan dalam setiap metode dipisahkan oleh titik koma (;) dan akan dieksekusi satu persatu. Kedua pernyataan pada listing ternyata memanggil sebuah metode dain yaitu println. Perhatikan bahwa memanggil sebuah metode diperlukan tiga komponen yaitu:
1.      Objek yang ingin kita pakai. Dalam hal ini objek System.out
2.      Nama metode yang ingin kita pakai. Dalam hal ini println.
3.      Sepasang tanda kurung yang berisi informasi tambahan yang diperlukan oleh metode yang dipanggil, yaitu parameter.
Dalam listing, pernyataan System.out.println(“Apa Kabar Dunia?”); berarti carilah objek out dalam kelas System kemudian panggil metode println  dari objek out dengan parameter berupa string “Apa Kabar Dunia?”.


Eksekusi
Untuk meng ekssekusi kita tinggal mengetikkan perintah java HelloWorld pada prompt dan pesan Apa Kabar Dunia?
Akan tampil dilayar (atau mungkin ditempat lain, bergantung sistem operasi anda).
Prompt>java HelloWorld

Tidak ada komentar:

Posting Komentar